5 Blogger Idola Versi Saya



Siapa blogger idolamu?
Jika ada pertanyaan seperti itu, apa jawaban teman-teman? Mudah atau susah? Kalau saya sih (sedikit) susah, karena sungguh melimpah jumlah blogger kece yang tulisannya inspiratif, informatif, sekaligus edukatif. Apalagi jika harus menyebutkan 5 orang blogger saja. O-ow...

Lha maunya berapa? 100 orang?

Hehe, jangaaan... Ini saja saya masih tertinggal #BPN30DayChallenge2018. Kalau harus menyebutkan 100 orang, wuih... *semaput.

Okelah kalau begitu. Tema kali ini akan tetap saya jalani dengan lebih mengerucutkan ulasannya yaitu tentang 3 orang blogger keren yang pernah (bahkan sering) berinteraksi dengan saya. Ditambah 2 orang lagi yang blog-nya jauh-jauh hari sering saya buka, sebelum saya bergabung dengan komunitas-komunitas blogger dan rutin melakukan blogwalking. Artinya, sejak awal saya memang menyukai tulisan mereka.

Siapa sajakah mereka? Yuk, simak! 🙂

1. Dian Restu Agustina

Lifestyle blogger yang rajin memposting tulisannya di www.dianrestuagustina.com ini saya kenal pada bulan Juli 2017. Berawal dari masuknya saya sebagai anggota baru grup Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) di Facebook. Saya celingak-celinguk, duh banyak sekali link blog berseliweran di dinding grup kepenulisan yang diketuai Mbak Widyanti Yuliandari itu.

Ya, saat itu belum ada jadwal harian di grup sehingga banyak anggotanya yang membagikan link URL blog mereka. Banyak juga link tulisan di emakpintar.org yang kemudian saya ketahui sedang diikutsertakan lomba menulis dalam rangka ulang tahun IIDN ke-7. Wah, saya langsung tertarik untuk ikut.

Setelah tulisan saya rampung dan terposting di laman emakpintar, saya pun membagikannya di grup IIDN. Eh, ada yang berkomentar dengan nada penuh persahabatan. Dialah Mbak Dian Restu Agustina. Alangkah senangnya saya, si newbie yang memang sedang mencari kenalan baru.


Baiknya Mbak Dian, ngasih selamat pas kami sebuku di antologi Flash Fiction setahun lalu.

Saya pun mengintip profilnya dan langsung kagum: penulis dan blogger yang produktif, nih. Saya mengajukan pertemanan, tak lama kemudian diterimanya. Sejak saat itulah saya menjadikannya panutan.

Walaupun belum pernah kopdaran karena beliau tinggal di Jakarta dan saya di Malang, rasanya nyaman chatting dengan Mbak Dian. Sebelum blog saya TLD, bahkan Mbak Dian rajin komen di blog lama saya itu. Kadang jadi komentator satu-satunya, hehe. Maklum saya belum rutin blogwalking juga, sih.

Karena ngintip blog-nya, saya jadi mengenal komunitas Blogger Perempuan Network (BPN) dan Blogger Muslimah Indonesia (BMI). Khususnya di komunitas BMI, Mbak Dian membuat saya bersemangat mengikuti aktivitas ngeblog di sana. Alhasil, saya bisa mengikuti jejaknya: memenangkan dua challenge yang diselenggarakan BMI yaitu postingan tematik dan One Day One Post (ODOP).

Di luar blogging, Mbak Dian juga bersedia membeli novel sederhana saya, The Fear Between Us. Bahkan beliau bersedia mengulas novel bondo nekat itu, hehe. Matur nuwun, Mbak.

Bak model 🙂
IG : @dianrestuagustina
Panjang jika harus menceritakan semua tentang Mbak Dian. Mengagumkan, sih. Saya jadi punya mimpi yaitu bisa kopdaran dengan beliau suatu hari nanti.

Di Kediri atau Malang, Mbak? 😁 *maunya...

2. Diana Fitri

Kalau saya sebutkan nama aslinya, mungkin teman-teman masih mengira-ngira. Siapa, sih itu? Oke, kalau begitu, saya sebutkan nama blognya saja: dipidiff.com. Nah, kalau sudah nyebut nama blog, biasanya banyak yang ngeh, nih.

Masih belum kenal beliau? Yuk-yuk saya ajakin kenalan...

Saya biasa memanggilnya Teteh Dipi, sesuai nama panggilannya. Beliau adalah salah seorang book blogger keren yang langsung membuat saya kagum pada perkenalan pertama. Waktu itu, alamat blognya masih di www.dipiwarawiri.com.

Saya yang pertama kali menyapanya via inbox messenger, sekitar setahun yang lalu. Eh, beliau menjawab dengan hangat. Tepatnya, saya sedang galau, hehe. Ini sedikit bocoran chat kami :)

Baru kenal, eh saya curcol 😁

Setelah itu, pertemanan kami berlanjut. Saya semakin kagum dengan beliau. Wuih, buku-buku yang diulas sungguh ngeri-ngeri. Mayoritas tebal dan sering mengulas buku impor. Saya langsung membayangkan kecepatan beliau membaca dan memahami buku-buku yang menurut saya 'berat' itu.

Book blogger keren
IG : @dipidiff

Selain sebagai blogger, beliau juga seorang announcer radio, suka olahraga panahan, membatik, dan punya bisnis cookies. Walaupun keren begitu, beliau tetap ramah dan low profile, lho. Sama seperti harapan saya pada Mbak Dian, suatu saat saya pengen ketemuan dengan Teh Dipi juga. 🙂

3. Novia Syahidah Rais

Saat kali pertama masuk di grup komunitas Blogger Muslimah Indonesia (BMI), saya seperti diajak bernostalgia. Tidak lain karena akhirnya saya tahu bahwa founder komunitas ini adalah Uni Novia Syahidah, seorang penulis cerpen dan novel Islami yang tidak asing bagi saya di masa lalu. Tepatnya, saat saya masih jadi pembaca setia majalah Annida.

Sudah lama saya tidak mendengarkan kabar beliau, karena kekudetan saya, sih. Padahal walaupun Uni Novia tidak segencar dulu lagi menerbitkan buku, tapi ternyata passion menulisnya tetap tersalurkan pada blog-nya: www.tintaperak.com. Saya pernah menang giveaway di blog ini, alhamdulillah...

Uni Novia mengomentari postingan di blog lama saya. Tulisan saya itu tentang cerpen Islami lawas karya beliau.

Saya menyukai sudut pandang beliau saat menulis tentang tema keislaman. Ulasannya panjang lebar tapi tidak terkesan menggurui. Kadang opininya berbeda dari apa yang sering beredar di luar sana, tapi akhirnya bikin manggut-manggut. Saya cocok sih dengan prinsip beliau yang menyukai persaudaraan antar muslimah walaupun berbeda organisasi dan pergerakan.

Uni Novia dengab niqab-nya sekarang
IG @noviasyahidah
Belakangan, beliau memilih untuk memakai cadar. Sebuah keputusan besar yang behind the scene-nya ditulisnya pula di blog. Perubahan penampilan itu tetap membuat Uni Novia luwes bergaul dengan orang-orang di sekitarnya. Termasuk memimpin rombongan Muslimah Trip (MozTrip) untuk travelling bareng, baik di dalam maupun luar negeri. Duh, mupeng saya :-D

4. Wulan Darmanto

Saya mengetahui nama beliau kali pertama melalui facebook, kira-kira empat tahun yang lalu. Awalnya, ada sebuah tulisan tak bertuan yang dibagikan di sebuah grup WA yang saya ikuti. Isinya seputar kehidupan rumah tangga yang ditulis dengan gaya bahasa renyah. Saya penasaran dengan penulis aslinya. Dalam hati saya berucap: biasanya tulisan hasil copasan begini asalnya dari facebook.


Statusnya di facebook laris manis dibagikan
IG @wulandarmanto

Mulailah saya menelusurinya. Dugaan saya benar, penulisnya bernama Wulan Darmanto. Beliau adalah ibu rumah tangga dengan tiga orang anak yang juga seorang penulis buku. Status facebooknya umumnya panjang, berisi tulisan-tulisan bagus yang sering dibagikan oleh para facebooker. Juga dicopas seenaknya seperti yang saya sebutkan di atas. Pssst... jangan ditiru, yak!

Belakangan, saya tahu bahwa Mbak Wulan juga seorang blogger. Alamat blog-nya sama dengan namanya: www.wulandarmanto.com. Walaupun di blognya tidak terdapat banner komunitas blogger apapun, kepopuleran tulisannya tidak diragukan lagi. Misalnya, tulisan di blognya yang berjudul Jika Anakmu 'Pecicilan' telah dilihat sebanyak 9.400-an kali Dan dibagikan sebanyak 2300 kali. Wow!


Pastinya, kepopuleran beliau didapat dari tulisannya yang mengena di hati pembacanya, terutama ibu-ibu. Ya, pembahasan seputar rumah tangga dan anak bisa dikemasnya dengan menarik. Kadang beliau juga membicarakan hal kekinian dan menimpalinya dengan sudut pandangnya yang bijak menurut saya. 

5. Farchan Noor Rachman

Teman-teman travel blogger pasti tidak asing dengan blog www.efenerr.com, bukan? Yups, nama blog itu adalah akronim dari huruf awal nama pemiliknya: F-N-R. Mas Farchan adalah seorang ASN Ditjen Pajak yang aktif ngeblog dengan niche travelling, yang juga penulis buku.

Mas Chan, satu-satunya blogger pria yang saya sebut di sini ( IG: @efenerr)

Seperti saat tahu tentang Mbak Wulan, saya mengetahui blog Mas Farchan juga berawal dari facebook. Sekitar empat tahun yang lalu juga. Saat itu (kalau tidak salah) sedang ada ribut-ribut tentang pakaian muslimah Aceh di linimasa. Beliau ternyata punya referensi lebih akurat dibandingkan dengan yang beredar di kalangan warganet. 

Nah, saat itulah saya mulai menjadikan info dan opini beliau sebagai salah satu referensi. Hal itu sering berulang di setiap kejadian yang membuat saya berpikir: ini orang sudut pandangnya bisa lain dari yang lain. Bijak! Saya menebak karena seringnya beliau 'berjalan' itulah yang membuatnya kaya pengalaman.

Walaupun seorang travel blogger, beliau sering tidak mencantumkan itinerary. Karena menurut blogger yang jago memotret ini, travelling adalah cara masing-masing. Hmm, kita-nya sendiri yang disuruh kreatif, nih... Saya sih setuju dengan tagline blog-nya yang berbunyi: Mari Berjalan, Kawan! Dalam pandangan saya, itu seakan terbaca: Mari terus berpikir dalam setiap perjalanan kita. 
Siap, Insya Allah 🙂


Nah, itulah 5 blogger inspiratif di mata saya. Masing-masing mewakili sebagian tema yang saya sukai: lifestyle, buku, keislaman, keluarga, dan travelling. Sekali lagi, susah sebenarnya menyaringnya. Buanyak blogger lain yang juga menarik perhatian saya.

Seiring berjalannya waktu dan berprosesnya saya dalam blogwalking, siapa tahu my next favorite blogger is you. Iya, kamu! 🙂


Salam,








#BPN30DayChallenge2018
#BloggerPerempuan
#Day9
#5BloggerFavorit







You Might Also Like

17 comments

  1. Wah...perlu bw nih ke blogger favorit di atas. Baru mb Dian yg sering bw in...
    Tema-temanya beragam, bisa nambah pengetahuan kita deh...

    ReplyDelete
  2. Waah, pasti seru ya kalau BW ke mereka-mereka semua. Menambah ilmu dan informasi juga. Apalah saya yang masih bayi merah ini

    ReplyDelete
  3. Aduh, aduh ... Nama Mbak Dian Restu Agustina juga jadi favoritku, lho. Beliau orangnya low profile, selalu menyemangati, bikin baby blogger ini terpecut lagi. Kayaknya aku bakal ngefans sama Mbak Tatiek duluan deh dibandingkan sebaliknya, hahaha ... Bayi banget aku mah.

    ReplyDelete
  4. Wah benar2 menginspirasi yaa. Saya jadi kepo sama bookbloggernya deh apalagi yang direview buku2 kelas berat ya. Kalau sy sih baru review buku2 ringan. Hehe. Eh ada nama mbak wulan disebut, sy punya bukunya tapi baru tahu kalau beliau blogger

    ReplyDelete
  5. Mbak Dian dan Uni Novi favoritku juga.

    ReplyDelete
  6. Keren semuanya inspiratif bener nih.. Perlu belajar banyak dari mereka nih.. Terimakasih sudah share pengalamannya mbak Tatiek����

    ReplyDelete
  7. Wah terima kasih sharingnya mba Tatiek. Sebagai blogger pemula, saya belum banyak mengenal blogger senior. Dari tulisan mba ini jadi tau beberapa nama blogger yang belum saya kenal.

    ReplyDelete
  8. Aku juga favorit nih ke mba Dian, orangnya baik humble ya. Pengen bisa ketemu suatu hari nanti

    ReplyDelete
  9. Waw blogger keren keren semuaaaa...semoga bisa ngikutin jejak mereka.

    ReplyDelete
  10. Ya Allah ..Mbak Tatiek..ada namaku di situuuh..jadi terharuuuu. Terima kasih untuk apresiasinya. lopeee..lopee..

    Sukses terus ya Mbak. Semangat dan belajar sama-sama kita.

    ReplyDelete
  11. Lha salah satu blog yg sering kukunjungi juga mb dian restu, mb tatiek. Kalo kopdar sm beliau di malang colek saya, ya😂

    ReplyDelete
  12. Ya ya ya, emang gak salah pilih Mbak. Tema ini aku belum nulis,masih galau aja trus diselingi tema yang lain dulu, hehe. Pengin ngintili mereka yang keren-keren ini

    ReplyDelete
  13. Wahh 5 blogger favoritnya keren2 Mb Tatiek. Jadi pingin ngintip dan ikutan BW.
    Saya suka tema challenge BP yg ini. Jadi tahu blogger2 keren lain di luar sana.
    Mksh infonya Mb Tatiek. 👍😗

    ReplyDelete
  14. Blogget idamanku ada juga di list nya mb Tatiek, samaan...hehe

    ReplyDelete
  15. wah, 5 bloggernya keren semua, jadi termotivasi. Mkasih udah nulis tulisan yang mencerahkan ini mbak Tatiek

    ReplyDelete
  16. aku kalau ditanya 5 blogger idola kayanya pusing langsung, Mbak. Ada banyaaaak soalnya yang patut diidolakan.

    ReplyDelete