Perhatikan! Perbandingan Harga Asuransi Mobil Murah di Indonesia


Apa saja hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli mobil? Baik membeli mobil bekas atau pun baru, rupanya Anda juga harus memahami berbagai administrasi dan kebutuhan. Mulai dari pengecekan kondisi mobil, sparepart, urusan kelengkapan legalitas seperti STNK dan BPKB, hingga asuransi mobil.

Ya, membeli mobil bukan seperti membeli handphone ataupun make up terbaru, ya! Mobil akan menjadi sebuah kebutuhan yang vital dan diharapkan bisa bertahan lama untuk membantu kelancaran kinerja seperti transportasi bahkan bisa menjadi aset pekerjaan seperti modal ojek online! Asuransi mobil murah menjadi krusial dalam beberapa aspek, seperti menjamin kondisi mobil Anda terhadap segala masalah yang tidak bisa diprediksi di masa depan.

Anda tentu tidak mau mobil kesayangan Anda tiba-tiba ditabrak dari belakang di perempatan depan rumah Anda, bukan?

Asuransi mobil murah membuka jalan untuk kelancaran pengalaman berkendara Anda


Mungkin Anda masih ragu, apa sih manfaat asuransi mobil murah yang menjamin kendaraan Anda? Layaknya asuransi lainnya, keuntungan asuransi mobil murah memang hanya bisa dirasakan setelah Anda mengalami suatu musibah.
Siapa yang mau berharap musibah? Namun seberapa kerasnya kita berusaha untuk mencegah, ada saja hal-hal yang tidak diharapkan seperti ilustrasi kasus di atas. Apalagi jika hal tersebut menyangkut kendaraan milik saudara atau kerabat Anda, seperti ketika Anda membelikan mobil hadiah untuk putra tersayang Anda. Di sinilah asuransi mobil murah bisa menyelamatkan Anda.

Manfaat Asuransi Mobil Murah


Bayangkan Anda sedang mengantarkan putri kesayangan Anda menuju sekolah dengan mengendarai mobil yang baru Anda beli 2 minggu lalu. Sekitar 1 kilometer dari tujuan, tiba-tiba sebuah mobil tidak dapat menghentikan laju nya di perempatan dan menabrak bagian belakang mobil Anda!

Wah, Anda tentu naik pitam, bukan? Apalagi umur mobil yang masih terbilang sangat singkat dalam kepemilikan Anda. Respon yang mungkin Anda lakukan adalah keluar dari mobil dan memaki pengendara mobil tersebut sembari meminta ganti rugi. Namun sadarkah Anda jika Anda sudah membuat kemacetan dan anak Anda pun terlambat untuk ke sekolah karena kejadian tersebut?


Jika Anda sudah mendaftarkan kendaraan Anda ke asuransi mobil murah pilihan, maka besar kemungkinan Anda tidak akan marah-marah. Cukup mengambil foto bagian yang rusak, kirimkan ke bagian klaim asuransi. Maka Anda tinggal menunggu pencairan klaim asuransi mobil murah Anda. Mudah, kan?

Perbandingan Harga Asuransi Mobil Murah Indonesia


Jika Anda sudah ingin beranjak mendaftarkan kendaraan Anda ke salah satu asuransi mobil murah Anda, maka Anda perlu memilih asuransi mobil yang sesuai dengan budget Anda. Salah satunya dengan menentukan asuransi mobil murah dengan premi yang Anda inginkan.

Premi asuransi adalah istilah biaya yang wajib dibayar untuk mengalihkan atau klaim resiko kerugian ke pihak penyedia asuransi mobil murah. Setiap layanan penyedia menawarkan premi yang bisa dibayar tahunan atau bulanan sebagai bentuk tanggung jawab keikutsertaan asuransi.


Nah, apa yang menentukan harga premi suatu asuransi mobil murah? Ternyata ada beberapa pertimbangan keadaan atau kondisi kendaraan tertanggung yang bisa menentukan harga premi asuransi Anda!

Walaupun demikian, Anda jangan khawatir. Sesuai dari pertimbangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sejak 1 Maret 2014 premi asuransi mobil murah sudah memiliki batasan atas dan bawah dari persentase premi tersebut. Batasan ini membantu Anda agar tidak berkewajiban membayar premi dengan biaya yang melambung tinggi.

Faktor pertama, Anda wajib membandingkan harga asuransi dilihat dari jenis jaminannya.


Terdapat 2 jenis asuransi mobil murah yaitu All Risk dan Total Loss Only. Asuransi mobil murah All Risk melindungi mobil secara menyeluruh dari berbagai kerusakan, mulai dari goresan, penyok, hingga tabrakan. Asuransi All Risk juga bisa melindungi Anda dari kehilangan alias pencurian mobil.


Sedangkan asuransi mobil murah Total Loss Only hanya menjamin kendaraan Anda jika hilang atau mengalami kerusakan dengan perkiraan biaya perbaikan sama dengan atau lebih dari 75% harga mobil.

Secara umum, harga asuransi mobil murah All Risk lebih mahal daripada Total Loss Only. Jika Anda mendapati harga Total Loss Only lebih mahal dari All Risk, maka Anda tentu perlu mencari asuransi mobil murah dengan harga yang lebih terjangkau.

Faktor kedua adalah jenis kendaraan dan lokasi domisili.


Layaknya asuransi kesehatan, maka asuransi mobil murah pun perlu melihat kondisi kendaraan Anda. Mobil dengan usia di atas 5 tahun cenderung memiliki harga premi lebih tinggi dikarenakan kondisi yang lebih beresiko juga ketersediaan suku cadang yang lebih terbatas.


Begitu pula dengan domisili tempat tinggal Anda. Semakin tinggi resiko bencana atau kriminalitas tentu berdampak pada harga premi yang lebih tinggi.

Faktor ketiga adalah usia Anda!


Siapa sangka jika Anda ternyata juga bisa menentukan harga premi asuransi mobil murah! Ya, pengendara di bawah usia 30 tahun dan di atas 60 tahun akan dikenakan premi lebih tinggi. Mengapa?

Hal ini karena usia-usia tersebut dinilai berpotensi lebih ceroboh atau kurang tangkas dalam mengemudi sehingga meningkatkan resiko kecelakaan.

Untungnya, ada cara mengetahui perbandingan nilai asuransi mobil murah di Indonesia


Daripada Anda mencari satu-satu dengan memasukkan data yang sama berulang kali, ternyata ada cara lebih mudah untuk membandingkan harga satu dengan lainnya.

Di Cekaja.com, Anda bisa dengan mudah memasukkan kondisi kendaraan Anda sesuai dengan kebutuhan layanan penyedia asuransi mobil murah untuk menentukan premi Anda. Tanpa perlu menunggu lama atau berpindah dari satu website ke website lain, Anda langsung mendapatkan perbandingan harga dari layanan asuransi mobil murah di seluruh Indonesia!


Kalau sudah tahu hasilnya? Silakan langsung memilih layanan sesuai budget dan keinginan Anda. Mudah sekali bukan? Tanpa perlu lama, yuk daftarkan mobil Anda ke dalam asuransi mobil murah yang siap menjamin kendaraan Anda supaya lebih worry free!


Cekaja.com merupakan platform toko finansial online di Indonesia yang menghadirkan informasi serta layanan mutakhir untuk membantu memutuskan keputusan terkait finansial yang pastinya menguntungkan untuk Anda. Buat masa depan Anda lebih baik bersama Cekaja.com.

You Might Also Like

10 comments

  1. Asuransi mobil murah, menarik ini karena pentingnya asurasni
    Sejak punya kendaraan sendiri saya dan suami selalu memilih punya asuransi. Karena, asuransi beneran bikin kita worry free...bayar premi di depan terus kalau ada kejadian yang tak diharapkan pada kendaraan bisa klaim asuransinya. Jadi tenang mau kemana-mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, lagi-lagi Mbak Dian berbagi pengalaman finansialnya. Perlu banget ya asuransi kendaraan ini. Walaupun kendaraan saya sendiri malah belum mulai diikutkan, nih :D

      Delete
  2. Tapi tergantung ya mba kadang ada jg yg asuransi susah banget cairnya. Dulu bapak saya pernah kena, akhirnya skrg gak pake lagi hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah, makanya perlu jeli banget ya milih asuransinya. Kalau lama cair mah berabe :)

      Delete
  3. Belum punya mobil sih. Jadi sekarang belum perlu.

    Tapi siapa tahu besok atau lusa bisa beli mobil. Kan jadi perlu asuransi mobil juga. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, silakan baca-baca aja dulu. Buat persiapan kalau nanti dilamar trus maharnya mobil :)

      Delete
  4. Ibaratnya kita siapin perlindungan untuk mobil kita dari kejadian tak terduga. Jadi kita worry free kan selama berkendara

    ReplyDelete
  5. Aku pernah ngalamin sendiri mba, mobil aku ngalamin kecelakaan beruntun dan kami paling parah. Sementara yang lain pergi aja gitu nggak ada yang tanggung jawab dan akhirnya harus ke bengkellah buat perbaiki. Daaaan abisnya tuh hampir double digit huhuhuh... udah nangis bombai aja waktu itu. Dan emang buat sebagian orang asuransi tuh penting banget. Harapannya sih kita tetep aman nyaman dan tenang selama berkendara ya. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, ikutan ngenes baca pengalamannya.
      Iyes, kalau saja udah ikutan asuransi ya, Mbak. Pelajaran berharga, nih.

      Delete