Tips Membayar Kartu Kredit Tepat Waktu



Penggunaan kartu kredit kian waktu semakin digemari. Tidak heran, salah satu produk perbankan ini memang praktis dan mudah digunakan untuk berbagai transaksi. Bagi mereka yang aktif menggunakannya, pasti sudah menemukan kenyamanan dan keuntungan yang diberikan.

Tapi penggunaan alat pembayaran yang satu ini masih kerap menuai pro dan kontra. Kartu kredit dianggap sebagai alat hutang modern yang bisa mencekik penggunanya kapan saja. Namun, hal itu hanya terjadi jika pengguna kerap menunda-nunda pembayaran hingga tagihan menggunung.


Tips Untuk Membayar Kartu Kredit Dengan Tepat Waktu


Untuk menghindari permasalahan yang tidak diinginkan, pengguna perlu menggunakannya dengan bijak, misalnya dengan melakukan pembayaran tepat waktu. Bagaimana cara agar sampai tidak terlambat membayar?

1. Sisihkan Uang Setiap Gajian

Setiap gajian, jangan sampai Anda kalap dan menghabiskan sebagian uang untuk berbelanja. Justru yang pertama kali perlu dilakukan saat menerima uang gaji bulanan ialah menyisihkan untuk pembayaran cicilan kartu kredit supaya uang tidak habis untuk keperluan konsumtif.



Anda hanya perlu menyisihkan uang senilai jumlah kebutuhan kartu kredit. Sisanya gunakan untuk keperluan yang berprioritas tinggi. Lakukan cara ini setiap bulan agar Anda tidak dihantui tagihan cicilan. Jika tagihan tidak terlalu banyak, Anda bisa menggunakan uang sisa cicilan untuk keperluan dana darurat.

2. Hindari Pembayaran Melewati Jatuh Tempo

Keterlambatan pembayaran di luar jatuh tempo akan menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya ialah penumpukan denda keterlambatan dan sejumlah bunga yang tidak kecil.


Ada baiknya membayar tagihan 2 atau 3 hari sebelum jatuh tempo kartu kredit. Pembayaran tagihan di saat-saat terakhir justru memiliki risiko karena bisa saja pembayaran yang Anda lakukan tidak masuk dalam pembukuan dan dihitung sebagai keterlambatan. Sayang sekali bukan?

3. Lunasi Tagihan

Tidak bisa dipungkiri, kartu kredit memang memberikan keistimewaan bagi penggunanya untuk bisa mencicil pembayaran dalam kurun waktu tertentu. Tapi tentu saja Anda masih perlu menanggung jumlah bunga, tidak cuma-cuma.


Semakin banyak tagihan yang tertunda, maka semakin banya pula jumlah bunga yang perlu dipayar. Cicilan kartu kredit yang tertunda juga bisa membuat keuangan Anda menjadi membengkak. Nah untuk itu, pastikan Anda melnasi tagihan kartu kredit dengan penuh.

4. Mengaktifkan Email Notifikasi

Biasanya, bank penerbit kartu kredit akan menyediakan reminder pembayaran melaui email atau pos untuk mencegah keterlambatan pembayaran. Namun, jarang orang yang memilih reminder via pos. Kebanyakan memilih email sebagai bentuk pengingat.


Jadi saat ada email masuk, notifikasinya akan muncul di layar ponsel Anda. Jika berasal dari bank penerbit kartu kredit, artinya waktu pembayaran sudah hampir jatuh tempo dan Anda harus segera membayarnya.

Jika bank penerbit tidak menyediakan notifikasi email vecara otomatis, maka Anda perlu mengunjungi bank penerbit dan aktifkan layanan remindernya.

5. Memanfaatkan Auto Debit untuk Kartu Kredit

Ada cara praktis yang lebih digunakan jika Anda enggan untuk mengurus tagihan kartu kredit setiap bulan, yakni dengan memanfaatkan auto debit. Aktifkan layanan auto debit dan sesuaikan dengan tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit.


Untuk poin yang satu ini, Anda perlu memastikan selalu ada dana memadai di dalam rekening yang digunakan untuk debit. Jumlah dana di dalamnya minimal cukup untuk membayar seluruh tagihan kartu kredit. Cara ini sangat aman digunakan, Anda akan dituntut membayar tepat waktu, terhindar dari keterlambatan, serta mendapatkan kemudahan.

6. Menggunakan Aplikasi Pay via Mobile dan Smart Kalender

Gadget merupakan salah satu barang yang akan selalu dibawa ke mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memanfaatkan gadget untuk memudahkan pembayaran tagihan kartu kredit. Misalnya dengan menggunakan fitur pembayaran via mobile dan fitur smart kalender.


Smart kalender akan memudahkan Anda untuk memantau jangka waktu pembayaran tagihan. Bagaiman bisa? Jadi saat tanggal pembayaran sudah dekat, smart kalender akan memberikan alarm sebagai tanda bahwa Anda perlu segera membayar tagihan kartu kredit.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur pay by mobile agar tidak perlu datang ke bank untuk bisa membayar tagihan. Kunjungi bank tempat Anda mendaftarkan kartu kredit dan aktifkan sistem pembayaran via mobile. Sistem ini tentu bisa memudahkan pembayaran dan menghemat waktu Anda. Pay via mobile juga bisam alternatif lain selain auto debit.

7. Mencatat dalam Bentuk Note

Sebenarnya cara yang satu ini terbilang sederhana, namun manfaatnya luar biasa sebagai pengingat cicilan kartu kredit. Apalagi jika Anda termasuk orang yang suka meletakkan note atau catatan kecil di tempat-tempat tertentu seperti layar komputer, buku, dan lainnya.


Anda juga bisa membuat satu buku khusus yang berisi cicilan per bulannya. Buku ini pun nantinya pasti akan selalu dilihat dan berguna untuk mengingatkan tagihan kartu kredit. Hebatnya, buku cicilan ini juga bisa menjadi pembukuan keuangan yang komprehensif tentang pemasukan dan pengeluaran uang bulanan.

8. Hitung Sebelum Membayar

Jika Anda memilih untuk membayar tagihan kartu kredit di bank, maka Anda perlu menghitung jumlah yang akan dibayarkan terlebih dahulu. Hitung dengan cermat beserta bunganya. Jangan sampai setelah sampai di tempat ternyata jumlahnya tidak sesuai dan akhirnya harus kembali ke rumah untuk mengambil kembali.



9. Ingat Tagihan sebagai Hutang

Jika Anda meletakkan mindset bahwa tagihan adalah hutang, maka Anda juga akan diikuti dengan tanggung jawab untuk melunasinya. Dengan mengingatnya sebagai hutang, kemungkinan untuk menggunakan kartu kredit dalam jumlah besar juga akan semakin berkurang.


Kelola Kartu Kredit dan Bayar dengan Bijak


Jika Anda mengelolanya dengan bijak, kartu kredit bisa menjadi teman finansial yang menyenangkan. Terapkan 9 tips di atas agar tagihan tidak menunggak dan selalu tepat waktu. Dengan demikian, kondisi finansial Anda akan tetap terjaga.

Nah, jika Anda masih kesulitan mengatur cara pembayaan tagihan kartu kredit, Anda bisa menggunakan layanan cekaja.com dengan mengklik link berikut ini, https://www.cekaja.com/kartu-kredit/ Cekaja.com merupakan toko patform finansial digital yang memberikan informasi terpercaya untuk segala kebutuhan finansial Anda.


Salam,


You Might Also Like

12 comments

  1. Kadang yangvmenyebabkan orang sampai mengalami kebangkrutan karena kurang bijak dalam memanfaatkan kartu kredit. Saya termasuk yang menghindari menggunakan kartu ini, khawatir gak bisa bayar, hehehe. Intinya memang harus paruh dan disiplin ya mbak dalam menggunakan kartu kredit, biar tidak menjadi boomerang bagi diri sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak.
      Penggunaan kartu kredit secara 'kalap' pasti jadi problem di kemudian hari.
      Iyes, kalau tidak perlu dan merasa mudah tergoda, sebaiknya tidak usah pakai aja ya :)

      Delete
  2. Wah ini tips yang musti diperhatikan oleh pengguna kartu kredit agar tetap aman dan lancar jaya dalam penggunaannya ya mba. Jadi gak merugikan kita juga jika sampai terlambat membayar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, Mbak.
      Tulisan ini sebagai pengingat buat teman-teman pemakai kartu kredit. Ada teman saya juga yang pakai, semoga dia baca :)

      Delete
  3. Makasih remindernya. Aku engga pernah nyicil sih kalau pakai kartu kredit. Mikir-mikir juga kalau mau pakai. Kalau sekira engga ada dananya, engga jadi beli...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Bund.
      Kalau gak ada dananya, sabar ngumpulin dulu :)

      Delete
  4. Sebagai mantan pekerja bidang CC aku paham betul risiko dan manfaat punya CC ini mba. Dan emang bener kita harus memperlakukan CC ini bukan sebagai tambahan dana cash. Tapi ban cadangan yang hanya boleh dipakai di saat urgent, lalu langsung dibayar full saat jatuh tempo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah, ahlinya udah ikutan ngomong nih :)
      Yang sering bikin masalah di situ sih, ya: ngerasa CC sebagai dananya sendiri :P

      Delete
  5. Saya punya kartu kredit hanya sebagai pengganti pembayaran dengan uang tunai. Jadi memang selalu dilunasi sesuai tagihannya di bulan berjalan, sebelum jatuh temponya. Setuju jika perlu mengelolanya dengan bijak agar kartu kredit bisa menjadi teman finansial yang menyenangkan. Sehingga tagihan tidak menunggak dan selalu tepat waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip nih istilahnya: teman finansial.
      Mbak Dian boleh nih jadi teladan untuk para pemakai kartu kredit lain :)

      Delete
  6. Penting banget ya mbak merencanakan dan menyisihkan uang di awal bulan untuk slot kartu kredit. Suka lupa . Hehe
    Tips tipsnya bermanfaat nih.
    Seperti nya menarik juga untuk melirik web cekaja itu. Ada tentang planning kartu kreditnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal gajian emang sebaiknya hati-hati ya, Mbak. Planning finansial harus matang.
      Monggo cek websitenya :)

      Delete