Ini Dia 5 Tema Blog Kesukaan Saya


Sejak awal menulis di blog, saya memilih untuk menulis beragam tema. Bidang apapun yang berhubungan dengan keseharian saya, peristiwa lampau, dan peristiwa kekinian yang bisa saya pahami akan saya tulis di blog. Dulu saya tidak tahu jika blog yang berisi beragam tema itu istilahnya adalah lifestyle blog. Penulisnya tentu saja disebut lifestyle blogger.

Kenapa tidak memilih tema atau niche tertentu saja?

Well, biasanya blogger yang sudah mengkhususkan diri dengan tema tertentu itu memiliki sebuah keahlian atau kebiasaan yang rutin dijalani sehingga expert pada tema tersebut. Misalnya: techno blogger, parenting blogger, travel blogger, food blogger, fashion blogger, beauty blogger, book blogger, dll. 

Saya sendiri memiliki latar belakang pendidikan di jurusan Bahasa Inggris. Tapi untuk mengkhususkan diri menulis blog dalam Bahasa Inggris rasanya kok belum terpikirkan, ya. Saya lebih tertarik ngeblog untuk mengasah kemampuan menulis dalam aturan-aturan Bahasa Indonesia. Bagaimanapun, menulis dalam Bahasa Indonesia itu lebih nyaman. Pesan yang saya sampaikan rasanya lebih mudah diterima oleh mayoritas  anak bangsa ini. Iyes, to? *Javenglish 😅

Sebagai bentuk penerapan yang lain, saya kerap menyisipkan quotes berbahasa Inggris pada postingan di blog ini. Suka, sih. Harap maklum, ya. ^^



So, biarin deh saya disebut sebagai blogger Palugada alias Apa Yang Lu Mau Gue Ada :D  Saya realistis saja bahwa saya tertarik pada beberapa tema, bukan hanya satu. Nah, tema-tema itulah yang kemudian saya jadikan label blog. Saat ini ada 15 label yang saya tampilkan dan sedang terus saya rapikan.

Diantara 15 label itu, ada 5 tema yang paling saya sukai. Kelima tema itu berusaha saya jadikan pilihan utama untuk saya tuliskan, juga menjadikan saya lebih antusias membaca jika saya temukan di blog lain.

1. Keluarga

Sebenarnya ini adalah tema parenting yang saya gabungkan dengan family life. Tidak hanya tentang pola pengasuhan anak, tapi juga kehidupan suami istri dan kebersamaan di dalam keluarga. Keluarga LDR seperti kami pastinya punya beberapa kiat khusus dalam kekompakan mendidik anak. Beberapa kali itu saya sebutkan di postingan blog ini.


Sebagai wakil presiden di dalam keluarga, pastinya tema ini sangat dekat dengan kehidupan saya sehari-hari. Gue banget, gitu loh. Menulis atau membaca tema ini akan menambah kebijaksanaan dan perenungan mendalam tentang betapa berartinya keluarga bagi saya.


2. Buku

Sejak kecil, saya suka membaca buku dan majalah. Kebiasaan itu saya bawa sampai dewasa dan berkeluarga. Seiring berjalannya waktu, keberadaan majalah mulai langka. Masih ada, sih. Tapi kebanyakan beralih menjadi website yang lebih mudah diakses, lebih murah, dan kekinian.


Sementara itu, buku-buku tidak berhenti diproduksi. Bahkan kini banyak sekali penerbit indie yang ikut meramaikan dunia literasi. Saya mengambil peran dengan tetap menjadi pembaca setia, sekaligus menulis buku antologi dan solo.



Salah satu buku antologi saya yang bertema pernikahan, masih jadi PR resensi 😅
Nah, aktivitas membaca dan menulis buku itu akhirnya menjadi salah satu sumber tulisan di blog saya. Saat ini, tema tentang buku saya masukkan ke dalam label Tentang Buku. Belum banyak banget, sih. Tapi insya Allah akan terus bertambah seiring selesainya buku yang saya baca dan terbitnya buku-buku antologi saya.

Btw, dua teratas popular post di blog ini adalah tentang resensi buku. Ya, resensi buku termasuk evergreen post yaitu postingan yang terus dicari sepanjang masa. Terbukti, dua popular posts saya di atas itu terus saja dikunjungi oleh pembaca. Senangnya. ^^ Tapiii... PR resensi buku saya masih banyak juga, sih ;)

3. Travelling

Sejak merantau ke Batam, saya menjadi lebih  tertarik untuk bepergian. Selain menambah pengalaman baru tentang sebuah tempat yang dikunjungi, selalu ada hal menarik untuk direnungkan dalam perjalanan tersebut. Saya menyebutnya sebagai Hikmah Perjalanan, seperti judul label tentang travelling di blog ini.


Canva

Sebelum rutin menulis di blog, kisah-kisah perjalanan itu 'lewat' begitu saja. Sekarang, sayang rasanya jika tidak dituliskan walaupun perginya hanya dalam jarak yang dekat saja. Biasanya, saya lebih suka menuliskannya dalam bentuk feature. Ya, karena saya berusaha memikirkan dan menghadirkan hikmah selama melakukan perjalanan tersebut.

4. Peristiwa Terkini

Saat ada berita terkini dan marak dibicarakan, biasanya saya penasaran untuk mencari tahu. Browsing sana sini, lalu berusaha memahami. Jika peristiwa itu dekat dengan keseharian saya, maka saya akan menuliskannya dalam sudut pandang saya sendiri.


Lagi-lagi, saya berusaha mengambil pelajaran dari peristiwa yang terjadi itu. Ini lumayan membuat saya tidak bereaksi yang berlebihan dan memilih untuk mengendapkannya terlebih dahulu. Hoax? Jauh-jauh, deh...


5. Keislaman

Perintah membaca, berpengetahuan, berpikir, berbuat baik, maupun bermanfaat bagi orang lain ada di dalam ajaran agama saya. Setelah berhijrah, saya berusaha memperdalam hal-hal tersebut, berusaha lillahi ta'ala. Maka saat saya ingin lebih rajin ngeblog, hal-hal di atas saya jadikan landasan. Hasilnya? Saya ngeblog dengan gembira.


Saya pun berusaha mengulas seputar keislaman sesuai dengan apa yang saya ketahui. Pastinya tidak serinci seperti yang dituliskan oleh ahlinya yaitu para ulama dan asatidz. Setidaknya, saya berusaha menyampaikan walaupun satu ayat via tulisan.



By the way, ada sih para blogger yang menyukai banyak tema lalu memilih untuk beternak blog. Pertama kali mendengar istilah itu, saya mesam-mesem. Ternyata beternak tidak hanya seputar ayam dan bebek saja, tapi blog juga bisa diternakin. Ya, berternak blog alias punya beberapa blog dengan niche masing-masing.

Iya sih, mereka punya kemampuan dan kesempatan. Bagus juga, tuh. Gaspol namanya. Tapi kalau saya sendiri sih belum sanggup, enggak tahu kalo Mas Anang... ups... enggak tahu kalo besok-besok. ^^ Wallahu a'lam.

Nah, bagaimana dengan teman-teman? Tema apa saja nih yang disukai? Lalu sudah beternak blog atau belum?

Thanks for reading.

Salam,



#BPN30DayChallenge2018
#BloggerPerempuan
#Day2
#TemaBlogYangDisukai

You Might Also Like

13 comments

  1. Nama Blog ini cukup menarik ya mbaak.. haha.. saya terdistraksi kemari (yaelaaah... Kebanyakan nonton Roy). Hahhaa... Namanya pendek dan unik. Kontennya juga. Walaupun baru sekilas baca.. hihi.. bahas gaul banget ��

    ReplyDelete
  2. Ada yang sama.. Traveling 😍😍

    Btw pengen juga nih bikin blog khusus buku, tapi udah keteteran jadinya tetep ke blog gado2aja 😄

    ReplyDelete
  3. Quotenya keren mb, wah saya juga tema palugada, hehe

    ReplyDelete
  4. Seringkali terpikir ingin buat blog tentang keislaman, karena bisa sambil belajar dan berdakwah.. Quotenya bagus mbak��

    ReplyDelete
  5. Satu yang sama, traveliiiiing eh tapi kadang aku menyisipkan juga ttg keislaman... ihihi kayanya kalau tema traveling ini jadi primadona banget ya.

    ReplyDelete
  6. Tema blognya lumayan komplit mbak.. Keren

    ReplyDelete
  7. Lengkap temanya ada lima. Semangat yaaa blogchallengenya. Saya engga ikut...

    ReplyDelete
  8. Masih gado-gado juga,semoga bisa punya niche juga suatu saat nanti. Btw Mbak Tatiek udah rapi kok kategorinya. Gak terlalu nylentreng kayak aku, (((nylentreng))) apaan ya?

    ReplyDelete
  9. Tema 1, 2, dan 3, aku juga suka, Mbak. Tapi artikelke masih sedikit, sih. Hehe

    ReplyDelete
  10. Saya belum ada niat ternak blog Mbak..satu saja ngurusnya dah ribet banget kwkwk
    Satu saja dulu tapi dirawat dengan sebaik-baiknya...Daripada beranak pinak tapi tak terurus semua

    ReplyDelete
  11. Beternak blog? Aku beternak tema di dam satu kandang dulu aja deh, Mbak hahaha ...

    ReplyDelete
  12. kalau aku pribadi suka dengan tema beauty, makan, dan jalan2, hihihi

    ReplyDelete