Tips Menghilangkan Jerawat dengan Cepat


Salah satu problem saat saya masih remaja dulu adalah jerawat. Duh, sampai pernah merasa jengkel karenanya. Begitu saya mendapat haid yang pertama, eh si jerawat pun nongkrong dengan manis di dahi saya. Alhasil saya pun panik. Cepat-cepat deh saya membeli lotion anti jerawat dan mengoleskannya. Alhamdulillah, kempes dan mengering. 

Saya kira jerawat itu akan muncul saat menjelang haid saja. Ternyata ia muncul mengiringi masa puber saya. Mati satu tumbuh seribu, hiks. Tidak hanya di dahi tapi mulai merambah kedua belah pipi. Sedih sebenarnya. Tapi saya segera bertindak dengan mulai memperhatikan kebersihan kulit wajah saya yang tipenya berminyak. 


Saya pernah merasa iri pada teman saya yang berjenis kulit normal dan tidak berjerawat. Suatu ketika dia bercerita bahwa dia langsung tidur sepulang bepergian, hanya mencuci muka dengan air. Duh, saya mana bisa seperti itu. Setiap kali pulang sekolah, membersihkan wajah dengan milk cleanser dan toner menjadi agenda wajib bagi saya. Jika tidak, pasukan jerawat bisa muncul dengan cepat. 

Perawatan wajah saya yang lain demi terhindar dari jerawat dan mengatasi jerawat yang terlanjur datang adalah dengan memakai skin care khusus jerawat. So, sejak remaja saya akrab dengan yang namanya peeling mundisari, masker jeruk untuk kulit berjerawat, masker bengkoang, pelembab khusus anti jerawat, dan bedak jerawat. Lumayan membantu walaupun jerawatnya tidak bisa 100% lenyap. 


Jika jerawatnya kecil saja, biasanya akan tersamarkan oleh pelembab dan bedak acne prone yang saya pakai. Yang membuat sedih adalah saat muncul jerawat batu, hiks. Ia tampak lebih besar karena kulit wajah mengalami peradangan. 

Menurut sumber yang saya baca, itu disebabkan karena sebum yang berlebih melewati dinding folikel. Sebum itu bercampur dengan sel kulit mati dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Bakteri jerawat berpopulasi, pun radikal bebas merusak jaringan kulit sehingga menyebabkan peradangan dan timbul kemerahan.

Nah, agar jerawat meradang nan bandel itu cepat mengecil dan segera lenyap, saya menerapkan salah satu tips sebagai berikut setelah membersihkan wajah:

1. Ambil selembar kain bersih, letakkan beberapa ice cube di dalamnya. Kompres jerawat yang meradang tadi selama beberapa menit. Jangan terlalu menekan jerawatnya, ya. Jika pecah dan timbul luka, bakteri bisa menyerang bagian luka itu. Jerawat bisa tambah parah. Ulangi sampai kemerahan tersebut berkurang.


2. Gunakan obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline hydrochloride. Zat ini bisa membantu menghilangkan kemerahan pada jerawat secara cepat. Caranya: Teteskan obat tetes mata pada selembar kapas, taruh di freezer semalaman. Pagi harinya, tempelkan kapas itu pada jerawat yang meradang selama beberapa menit. Obat tetes mata yang terserap kulit membuat pembuluh darah menyempit sehingga peradangan pun berkurang.

3. Ternyata kita bisa memakai aspirin sebagai obat luar untuk mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat, lho. Tak lain karena aspirin mengandung asam salisilat yang bekerja mengelupas kulit dan mengatasi kemerahan melalui penyempitan pembuluh darah.Caranya: Ambil separuh aspirin lalu tambahkan air. Segera oleskan pada jerawat yang meradang. Tutup dengan plester dan diamkan selama 30 menit.

4. Pasta gigi bisa dipakai untuk mengobati jerawat? Itu benar, tapi dengan catatan: pasta giginya tidak mengandung mentol dan fluoride. Alih-alih mengatasi jerawat, dua kandungan ini justru bisa mengiritasi kulit dan memicu timbulnya jerawat yang lebih banyak. 


Nah, kandungan silica di dalam pasta gigi lah yang bisa mengeringkan jerawat, tak lagi meradang. 

Selain menjalani empat tips di atas, saya juga tetap mengandalkan lotion anti jerawat untuk mempercepat penyembuhan jerawat. Pun saat itu saya juga mengobati dari dalam dengan meminum pil bersih darah yang disebut bisa membasmi jerawat yang berasal dari darah kotor.

Yang kurang terjaga saat itu adalah pola makan. Maklum masih remaja. Padahal membatasi asupan produk susu, gula, gluten, dan daging sangat membantu mengatasi jerawat. Porsi buah dan sayur harus lebih mendominasi dalam santapan sehari-hari, plus minum air putih yang cukup.

Saya baru benar-benar terbebas dari jerawat membandel setelah menikah, hehe. Mungkin itu adalah obat jerawat paling ampuh bagi saya. Alhamdulillah, sekarang si jerawat jarang sekali muncul. Kadang ada sih satu biji, untuk menunjukkan haid saya sudah dekat.


So, tidak perlu minder jika ternyata kita terpilih menjadi sahabatnya jerawat. Apalagi jika penyebab utamanya adalah faktor hormonal. Hmm... itu seperti takdir yang melekat. Jalani saja dan basmi jerawat dengan semangat. Ganbatte



Salam, 
Tatiek Purwanti



Referensi: 
https://www.kompas.com/lifestyle/read/2017/11/19/132100120/5-cara-kilat-menghilangkan-jerawat-dalam-semalam

Sumber gambar: pixabay

#bpnchallenge2019 
#bpnramadhanchallenge 
#BPNetwork 
#bpnblogpostchallenge 
#bpn30dayblogpost 
#bpn30dayblogpostchallenge

#Day8


You Might Also Like

0 comments