Buka Puasa dengan Riang di Transmart MX Malang


Kalau saya ditanya tentang tempat berbuka puasa favorit, pasti saya akan jawab: di rumah! Ya, iya lah. Saya kira banyak kaum muslimin juga demikian; baiti jannati. Namun tidak ada salahnya jika kita pun punya tempat kesukaan untuk berbuka puasa di luar rumah. Nah, saya memilih Transmart MX Malang sebagai spot favorit baru untuk menikmati ifthar sembari ngabuburit.

Sekilas tentang Transmart MX Mall Malang

Transmart MX Mall Malang memang baru diresmikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 22 Februari 2019 yang lalu. Dulu saya sempat berpikir: kok di Malang tidak ada Transmart seperti di kota-kota besar lain, ya? Padahal saat saya mudik ke Solo, Transmart Solo sudah megah berdiri di daerah Pabelan, Kartasura sejak 1 Desember 2017. 

Akhirnyaaa... di Malang ada juga dengan sebutan Transmart MX Mall karena dulunya di situ ditempati oleh MX Mall. Walaupun bukan maniak belanja dan nge-mall, saya pengin tahu juga dong kemegahan pusat perbelanjaan dengan konsep 4 in 1 itu. Ya, semua gerai Transmart di seluruh Indonesia menawarkan 4 hal dalam 1 tempat yaitu berbelanja, bersantap, bermain, dan menonton. Sip.

IG @sahabat_transmart_mxmm

Saya tidak menghadiri grand opening-nya, sih. Selain karena saat itu suami belum pulang, saya membayangkan pengunjungnya yang berjubel. And it was true. My neighbor who visited the grand opening told me the crowded situation. Oh, no! Si kecil saya bisa tidak nyaman dan rewel jika saya memaksakan diri datang.

Saya memilih untuk bersabar dulu; menunggu saat yang tepat. Tahaaan... Akhirnya baru pada bulan Mei 2019 ini saya sekeluarga bisa ke sana. Belum mencicipi 4 konsep yang ditawarkan, sih. Baru melihat-lihat wahana permainan dan bersantap dalam rangka berbuka puasa saja.

Tempat yang Pas untuk Ngabuburit

Transmart MX Mall Malang yang merupakan gerai ke-127 milik PT. Trans Retail Indonesia cukup ramai sore itu. Begitu kami masuk ke pintu utama, ada dua buah robot Transformer yang diajak berfoto oleh pengunjung silih berganti; Bumblebee dan Optimus Prime. Si Adek tidak mau ketinggalan, dong. Emaknya dengan sigap menjadi juru foto. Cekrek!


Nah, di ground floor atau lantai dasar itulah berderet-deret food court/food tenant yang menawarkan beraneka hidangan yang menggoda iman. Ada Burger King, Solaria, Starbucks, A&W, Nasi Goreng 69, dll. Skip dulu pastinya. Saya sekeluarga memilih untuk terus naik ke lantai-lantai di atasnya. Melemaskan kaki adalah ngabuburit yang sehat, bukan? Cuzzz... menuju eskalator yang juga lumayan dipadati pengunjung.

Secara singkat, berikut isi dari tiap lantai di Transmart MX Malang:
Lantai Dasar : Kuliner, Kacamata, dan Body Shop
Lantai 1 : Kebutuhan Pokok Sehari-hari
Lantai 2 : Fashion & Furniture
Lantai 3 : Trans Studio Mini
Lantai 4 : Bioskop Cinema XXI

Karena tidak bertujuan untuk berbelanja, kami cuma melihat-lihat saja di setiap lantai. Barulah pada lantai 3, kami berlama-lama di sana. Ada Trans Studio Mini, sih. Menurut info, ada sekitar 148 wahana permainan yang siap menghibur para pengunjung. Untuk bisa menikmatinya, calon penikmat wahana harus memiliki kartu Trans Studio Mini yang dibanderol seharga Rp 100.000 yang bisa diisi ulang.


Trans Studio Mini yang ada di Malang ini pastinya tidak sebesar yang di Bandung. Beberapa spot tampak masih dibenahi, belum siap digunakan. Tapi mayoritas wahana sudah siap memanjakan para pengunjung. Mau berfoto-foto saja tanpa bermain di wahana pun boleh. Banyak spot menarik yang instagrammable, misalnya: Menara Eiffel tiruan.


Kemegahan di lantai 3 tersebut memang tidak dimiliki oleh mall-mall yang lainnya. Pantas saja pengunjungnya tumplek blek. Sepertinya sejak dibuka, Transmart MX Mall Malang ini menjadi pesaing berat Malang Town Square (Matos) yang ada di sebelahnya.

Menghilangkan Kelaparan di A&W Restaurant

Setelah puas mengublek-ublek lantai 3, kami turun lagi ke lantai dasar untuk bersiap-siap menunggu azan Magrib berkumandang. Harus bersaing dengan banyak pengunjung, nih. Saya maunya sih ke gerai Bakso Boedjangan, tapi Si Kakak ngotot ingin makan ayam goreng. Duh, tidak bosan-bosannya dia. Ya sudahlah.


Akhirnya kami memutuskan untuk menuju A&W Restaurant. Sudah Halal MUI, dong. Masih ada meja kosong di pojokan, alhamdulillah. Seperti biasa, saya bertugas untuk memesan menu. Baiklah.


Si Kakak dan Eyang Uti sama-sama pengin Spicy Aroma Chicken plus rice and Chicken Soup. Sementara saya penasaran dengan Zesty Chicken Mixbowl plus Sunny Eeg. Saya pesan dua porsi, untuk Si Abi juga. Biasanya Si Abi menurut kalau urusan menu. Singkat, padat, dan jelas biar cepet!


Trus, minumnya cukup 2 jenis saja untuk kami berempat yaitu Iced Green Tea Latte dan Hot Coffee Caramel. Selain agar tidak kekenyangan, hemat juga, kan? Hohoho... Karena situasinya sedang di luar rumah maka kami harus berbuka puasa sekaligus, baru salat Magrib. Bisa berabe jika kekenyangan.

Kami minum terlebih dahulu sambil menunggu pesanan tiba. Punya Si Kakak dan Eyang Uti datang lebih awal sementara Zesty Chicken saya agak lama, sih. Saya tidak mencicipi Chicken Aroma dan sup ayam mereka, tapi katanya sih enak. Terbukti Si Kakak dan Eyang Uti menyantapnya hingga tandas.


Beberapa saat kemudian, si Zesty Chicken tiba di hadapan saya. Hmm, aromanya seperti nasi kuning, gitu. Aroma khas serai dan rempah-rempah. Rasanya gurihnya pun mirip nasi kuning, hanya bedanya warnanya hijau. Ada irisan ayam bertekstur renyah di atasnya. Rasanya lumayan spicy.

Saya makan berdua dengan si kecil dan itu cukup, sih. Alhamdulillah, malah nyaman di perut karena tidak terlalu kenyang. Saya kira Si Kakak dan Eyang Uti juga merasa cukup karena saya lihat porsi mereka sedang saja. Sementara Si Abi makan sendirian. Iya, dong. Bapak Sopir harus dapat porsi utuh.


Beberapa saat setelah kami semua rampung menikmati hidangan, baru deh kami meninggalkan tempat itu. Puas dan cukup kenyang, alhamdulillah. Tampak suasana Transmart MX Mall semakin ramai saja rasanya. Pantas sih jika pusat hiburan lengkap tersebut jadi favorit keluarga di Malang Raya.

Kami bersegera keluar menuju ke Masjid Ibnu Sina yang terletak tidak jauh dari situ. Cukup berjalan kaki beberapa meter ke arah utara, melewati Pujasera Universitas Brawijaya. Tidak perlu khawatir dengan mobil; masih aman di parkiran Transmart, kok.


Transmart MX Mall Malang
Jl. Veteran, Ketawanggede, Klojen, Kota Malang

Nah, ini juga yang menjadi alasan kami untuk memilih Transmart MX Mall Malang sebagai tempat berbuka puasa: tidak jauh dari masjid. Pastinya di Transmart MX Malang juga ada musalla, tapi saya sekeluarga lebih memilih ke masjid saja. Lebih lega dan leluasa untuk beribadah.

So, jika saya ditanya: bagaimana perasaan Anda? Saya akan menjawab: mantap! Cukup puas, sih. Bulan depan mungkin kami kembali ke Transmart MX Mall Malang lagi untuk mencoba wahana permainannya. Insya Allah.


Salam,






#bpnchallenge2019 
#bpnramadhanchallenge 
#BPNetwork 
#bpnblogpostchallenge 
#bpn30dayblogpost 
#bpn30dayblogpostchallenge
#Day2

You Might Also Like

6 comments

  1. Di Bandung yang transmart buah batu deket sama rumah juga gak terlalu gede mbak. Tapi ya cukup lengkap mulai dari carefour, tempat makanan sama ada kidzcity plus XXI jadi nonton plus ngabuburit gak perlu jauh-jauh lagi deh hehe

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah lengkap ya Transmart MX Malang
    Kalau semuanya ada , 4 in 1, begini praktis..mau belanja, makan, main atau nonton di satu tempat saja, enggak perlu lagi kemana-mana.
    Apalagi bisa sekalian pepotoan...pas deh ngabuburitnya

    ReplyDelete
  3. Keren, di Malang udah ada Transmart juga. Saya kalau ke Makassar juga beberapa kali ke Transmart, baik itu bersama anak-anak maupun teman. Suasananya memang beda dibanding mall lainnya.

    ReplyDelete
  4. Seru banget ya mbak, di Malang ternya sudah ada Transmart juga ya. Aku baru beberapa hari yang lalu ngajak io ke Transmart buah Batu, bagus juga mbak mirip ada Eifel nya hihi

    ReplyDelete
  5. Lengkap ya di Transmart MX Malang, ada fasilitas untuk anak, makan, belanja dan rekreasi mata alias menonton film

    ReplyDelete
  6. Transmart yg di Bandung kecil sih, cuma 3 lantai.
    Ke situ paling nyari makan kalo saya. Jarang belanja di Carrefour sih sebenernya. Paling kulineran...

    ReplyDelete